5 Keutamaan Wakaf yang Perlu Diketahui

Tuesday, 15 Mar 2022 17:57 WIB

5 Keutamaan Wakaf yang Perlu Diketahui

Kata wakaf berasal dari Bahasa Arab yang artinya penahanan atau larangan atau menyebabkan sesuatu berhenti. Menurut Pasal 5 UU No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf, wakaf berfungsi mewujudkan potensi dan manfaat ekonomi harta benda wakaf untuk kepentingan ibadah dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum. Lantas mengapa wakaf merupakan salah satu bentuk sedekah yang sangat dianjurkan? Berikut ini 5 keutamaan wakaf yang perlu untuk diketahui.

1) Pahala akan selalu mengalir walaupun sudah wafat

Pemberi wakaf akan terus mendapatkan pahala yang mengalir dari harta yang diwakafkan karena harta yang diwakafkan bersifat utuh dan terpelihara.

Dalam salah satu hadits, Rasulullah Saw bersabda:

“Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga (macam), yaitu: sedekah jariah (yang mengalir terus), ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya” (HR Muslim).

2) Manfaatnya dirasakan banyak orang

Wakaf adalah bentuk ketakwaan kepada Allah dengan cara memanfaatkan harta yang dimiliki untuk kemaslahatan atau kepentingan orang banyak. Contohnya adalah wakaf pembangunan masjid, wakaf pesantren, wakaf tanah pemakaman, wakaf gedung untuk keperluan umum, wakaf klinik, dll. Jadi wakaf merupakan salah satu amalan yang memiliki nilai sosial tinggi.

3) Pembelajaran bahwa harta yang dimiliki tidak kekal

Salah satu bentuk ujian ketika hidup di dunia adalah harta dan kita diuji tentang bagaimana harta tersebut dipergunakan. Salah satu upaya yang bisa dijadikan sarana pembelajaran tentang pembelanjaan harta yang baik adalah dengan berwakaf. Hal ini semata-semata menjauhkan diri dari sikap cinta dunia yang berlebihan.

4) Membantu orang lain dalam kesulitan

Harta yang kita wakafkan bersifat tetap dan terpelihara namun potensi manfaatnya dikembangkan menjadi nilai lebih. Pemanfaatan nilai manfaat dari wakaf ini lah yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk membantu kaum dhuafa yang sedang dalam kesulitan. Harta wakaf yang dikelola lalu menghasilkan nilai manfaat inilah yang kemudian akan menjadi sumber bantuan untuk kaum dhuafa.

5) Memajukan Syiar Islam

Dengan terus terpeliharanya harta wakaf yang mengalirkan manfaat bagi yang membutuhkan, maka menandakan syiar Islam terus hadir. Jika wakaf bisa secara luas dilakukan oleh umat Islam di suatu tempat maka menandakan tempat tersebut memiliki syiar Islam yang maju dan diberkahi oleh Allah Swt.

Demikian 5 keutamaan wakaf yang perlu diketahui agar kita bisa tergerak untuk berwakaf. Kini berwakaf semakin mudah karena ada inovasi berwakaf melalui perangkat digital. Jadiberkah.ID merupakan contoh platform digital yang menghubungkan calon wakif (pemberi wakaf) dengan nazhir (pengelola wakaf). Rasakan kemudahan dan keutamaan wakaf dalam genggaman melalui Jadiberkah.ID.


Dot Pattern Decoration
  • Artikel & Berita

    Temukan artikel menarik dan berita terkini penuh berkah.

  • Implementasi Wakaf Uang M......

    Friday, 17 Jun 2022 11:14 WIB

    CWLS (Cash Waqf Linked Sukuk) Ritel atau Sukuk Wakaf Ritel adalah bentuk investasi wakaf uang p......

    Baca Selengkapnya
  • Keistimewaan Wakaf Uang...

    Tuesday, 17 May 2022 18:32 WIB

    Dalam dunia wakaf, ada istilah “wakaf uang” dan “wakaf melalui uang”....

    Baca Selengkapnya
  • 5 Keutamaan Wakaf yang Pe......

    Tuesday, 15 Mar 2022 17:57 WIB

    Kata wakaf berasal dari Bahasa Arab yang artinya penahanan atau larangan atau menyebabkan sesua......

    Baca Selengkapnya
  • Inilah Alasan Lebih Baik......

    Monday, 02 Aug 2021 12:02 WIB

    JadiBerkah.ID membantu semua kebutuhan masyarakat dalam memenuhi keinginan berdonasi (Zakat, In......

    Baca Selengkapnya